PENGELOLAAN KELAS

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 1
C. Tujuan Penulisan 1
D. Metode Penulisan 2
BAB II PEMBAHASAN 3
A. Pengelolaan Kelas 3
B. Tujuan Pengelolaan kelas 3
C. Masalah pengelolaan kelas 4
D. Pendekatan Pengelolaan Kelas 5
E. Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas 6
BAB III PENUTUP 7
A. KESIMPULAN 7
B. SARAN-SARAN 7
DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Pengelolaan kelas merupakan masalah tingkah laku yang kompleks. Dan guru menggunakannya untuk menciptakan dan memperhatikan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi kelas sedemikian rupa sehingga anak didik dapat menciptakan tujuan pengajaran secara efisien dan memungkinkan mereka dapat belajar. Dengan demikian pengelolaan kelas yang efektif adalah syarat bagi pengajaran yang efektif.

B. RUMUSAN MASALAH
a. Pengelolaan kelas
b. Tujuan pengelolaan kelas
c. Masalah pengelolaan kelas
d. Pendekatan dalam pengelolaan kelas
e. Prinsip-prinsip pengelolaan kelas

C. TUJUAN PENULISAN
1. Sebagai sarana untuk menunjang kegiatan belajar mengajar serta untuk menambah wawasan pengetahuan.
2. Sebagai bahan diskusi mata kuliah pengelolaan kelas

D. METODE PENULISAN
1. Berdasarkan metode kepustakaan
2. Pengumpulan data-data yang sesuai dengan permasalahan yang kami bahas

BAB II
PEMBAHASAN

A. PENGELOLAAN KELAS
Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar yang optimal dan mengembalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain, ialah kegiatan-kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadi proses belajar mengajar yang termasuk ke dalam hal ini misalnya adalah menghentikan tingkah laku anak didik yang mengelewangkan perhatian kelas.
Pengelolaan kelas terdiri dari dua kata yaitu pengelolaan dan kelas, pengelolaan itu sendiri akar katanya adalah “kelola” di tambah awal “pe” dan akhiran “an” istilah lain dari kata pengelolaan adalah “manajemen”. Manajemen adalah kata yang aslinya dari bahasa Inggris, yaitu management, yang ketatalak atau pengelolaan dalam pengertian umum menurut Suharsimi Arikunto (1990 : 2) adalah pengadministrasian pengaturan atau penataan suatu kegiatan.

B. TUJUAN PENGELOLAAN KELAS
Pengelolaan kelas yang dilakukan guru bukanlah tanpa tujuan. Karena ada tujuan itulah guru selalu berusaha mengelola kelas walaupun terkadang kelelahan fisik maupun pikiran. Guru sadar tanpa mengelola kelas dengan baik, maka akan menghambat kegiatan belajar mengajar.
Tujuan pengelolaan kelas pada hakikatnya telah terkandung dalam tujuan pendidikan. Secara umum tujuan pengelolaan kelas adalah penyediaan fasilitas bagi bermacam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial. Suharsimi Arikunto (1988 : 68) berpendapat bahwa tujuan pengelolaan kelas adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secara efektif dan efisien.

C. MASALAH PENGELOLAAN KELAS
Masalah pengelolaan kelas dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu masalah individual dan masalah kelompok gagalnya seorang guru mencapai tujuan pengajaran sejalan dengan ketidak mempuan guru mengelola kelas. Indikator dari kegagalan itu adalah prestasi belajar siswa rendah. Karena itu pengelolaan kelas merupakan kompetensi guru yang sangat penting dikuasai oleh guru dalam kerangka keberhasilan proses belajar mengajar.
Menurut Made Pidarta, masalah-masalah pengelolaan kelas yang berhubungan dengan perilaku siswa adalah :
1. Kurang kesatuan, dengan adanya kelompok-kelompok dan pertentangan jenis kelamin.
2. Tidak ada standar perilaku dalam bekerja kelompok misalnya ribut, bercakap-cakap, pergi kemari dan sebagainya.
3. Reaksi negatif terhadap anggota kelompok, misalnya ribut.
4. Tidak mampu menyelesaikan dengan lingkungan yang berubah, seperti tugas-tugas tambahan.
D. PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS
Sebagai pekerja profesional, seorang guru harus mendalami kerangka acuan pendekatan-pendekatan kelas, sebab di dalam penggunaannya ia harus terlebih dahulu meyakinkan bahwa pendekatan yang dipilihnya untuk menangani suatu kasus pengelolaan kelas merupakan alternatif yang terbaik sesuai dengan hakikat masalahnya.
Berbagai pendekatan yang guru lakukan dalam rangka pengelolaan kelas
1. Pendekatan kekuasaan
Pengelolaan kelas diartikan sebagai suatu proses untuk mengontrol tingkah laku anak didik peranan guru disini adalah menciptakan dan mempertahankan situasi disiplin dalam kelas.
2. Pendekatan ancaman
Dari pendekatan ancaman ini, pengelolaan kelas adalah juga sebagai suatu proses untuk mengontrol tingkah laku anak didik.
3. Pendekatan pengajaran
Pendekatan ini didasarkan atas suatu tanggapan bahwa suatu perencanaan dan pelaksanaan akan mencegah munculnya masalah tingkah laku anak didik.
4. Pendekatan perubahan tingkah laku
a. Semua tingkah laku yang baik dan yang kurang baik merupakan hasil proses belajar
b. Di dalam proses belajar terdapat proses psikologis yang tanda mental berupa penguatan positif.
E. PRINSIP-PRINSIP PENGELOLAAN KELAS
Dalam rangka memperkecil masalah gangguan oleh pengelolaan kelas, prinsip-prinsip pengelolaan kelas dapat dipergunakan. Maka adalah penting bagi guru untuk mengetahui dan menguasai prinsip-prinsip pengelolaan kelas yang akan diuraikan sebagai berikut :
1. Hangat dan antusias
Hangat dan antusias sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar.
2. Tantangan
Penggunaan kata-kata tingkah, atau bahan-bahan yang menantang akan meningkatkan gairah anak didik untuk belajar.
3. Penanaman disiplin diri
Tujuan akhir dari pengelolaan kelas adalah anak didik dapat mengembangkan disiplin diri sendiri

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Pengelolaan kelas dan pengelolaan pengajaran adalah dua kegiatan yang sangat erat hubungan namun dapat dan harus dibedakan satu sama lain karena tujuannya berbeda. Pengelolaan kelas menunjuk kepada kegiatan-kegiatan yang menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar masalah pengelolaan kelas harus ditanggulangi dengan tindakan korektif pengelolaan.

B. SARAN-SARAN
1. Demikian pembahasan mengenai pengelolaan kelas ini semoga pembahasan ini dapat dijadikan salah satu sumber untuk memperkaya pemahaman
2. Semoga apa yang disampaikan dalam makalah ini akan dapat menjadikan bahan renungan dan merupakan acuan kita untuk menerima perubahan yang disampaikan baik secara langsung maupun tidak langsung.

DAFTAR PUSTAKA

Adam and Dicky. Basic Principles Of Student Teaching. N.Y, USA American Book Company, 1946

Entang, M. dkk. Pengelolaan Kelas. Jakarta : PPLPTK, Depdikbud RI, 1985

Gooddykoondz, Bess. Membantu Anak Agar Sukses di Sekolah. Jakarta. Bulan Bintang, 1985

Conny Semiawan, dkk, Pendekatan Ketrampilan Proses Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Gramedia, Jakarta, 1985

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: