Pengajaran Bahasa Arab

DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 1
B. Pembatasan Masalah 1
C. Tujuan Penulisan 1
D. Metode Penulisan 2
BAB II PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN BAHASA ARAB 3
A. Prinsip Prioritas 3
B. Prinsip Akurasi 5
C. Prinsip Gradasi 6
D. Prinsip Motivasi 7
BAB III PENUTUP 9
A. Kesimpulan 9
DAFTARPUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sebagai umat Islam yang meyakini akan adanya Allah SWT maka sudah sepatutnyalah kita belajar dan memberikan pengajaran bagi siapa pun jua yang seagama dan seiman dengan kita. Lebih dari itu Al-Qur’an sebagai kitab suci agama Islam ditulis dalam Bahasa Arab maka kita sebagai umat Islam harus menuntut ilmu dan memberikan pengajaran Bahasa Arab. Kali ini penulis akan mengemukakan beberapa hal dalam bahasa arab dan tema yang akan diuraikan pada makalah ini ialah “ Prinsip-Prinsip Pengajaran Bahasa Arab”. Untuk lebih jelasnya penulis akan uraikan pada Bab II yaitu bab pembahasan yang akan membahas secara lebih terperinci.

B. Pembatasan Masalah
Pada makalah kami, kami hanya membatasi tentang prinsip-prinsip pengajaran Bahasa Arab, yang meliputi Prioritas, Akurasi, Gradasi dan prinsip Motivasi.

C. Tujuan Penulisan
– Untuk memenuhi tugas yang di berikanpada mata kuliah pendidikan Bahasa Arab.
– Untuk mengetahui tentang prinsip-prinsip pengajaran Bahasa Arab, ciri-ciri Bahasa Arab.
– Serta metode pengjaran Bahasa arab.

D. Metode Penulisan
Pada makalah ini metode yang digunakan adalah Library Reseach artinya menyusun makalah ini mengambil dari berbagai buku yang ada hubungannya dengan judul makalah serta ditambah pengetahuan yang ada pada penulis.

BAB II
PRINSIP-PRINSIP PENGAJARAN BAHASA ARAB

A. Prioritas
Prioritas dalam pengajaran Bahasa Arab adalah hal-hal yang harus diajarkan lebih dahulu dengan beberapa pertimbangan.
Adapun hal-hal yang harus diprioritaskan itu adalah level bahasa, metode, keterampilan dan materi.
1. Level Bahasa
a. Pengertian
Bahaasa Arab garis secara besar mempunyai dua level, yaitu bahasa Fusha dan bahasa Arab Fusha ialah bahasaa Al-Qur’an dan hasil karya sastrawan Arab, serta digunakan dimajalah, surat kabar, buku-buku diruang kuliah, ceramah, ceramah seminar, konferensi, siaran berita dan dalam forum-forum resmi. Adapun dialek amiyah adalah bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari, seperti yang digunakan dirumah, dijalan, dipasar dan sebagainya.
b. Ciri-ciri
Bahasa Fusha ditandai dengan tiga hal, yaitu :
– Sistem dan tata bahasanya tepat dan cermat.
– Pola pikirnya mendalam.
– Gaya bahasanya tinggi Ilmiah atau Sastra.

2. Metode dan Tekhnik
Ada 5 macam metode (pendekatan) mengajar Bahasa Arab (asing) yaitu :
a. Metode Grammatika Terjemah. ( )
b. Metode Langsung. (  )
c. Metode Aural-oral. (  – )
d. Metode Membaca.
e. Metode Campuran. (  ) atau ( )

3. Ketempilan
Tujuan umum yang ideal dari pembelajaran Bahasa Arab adalah murid memiliki keterampilan (  ) yaitu seperti pada diagram dibawah ini :





Menurut teori (visi) Modern, pengajaran bahasa hendaknya diawali dengan latihan, telinga menyimak  Kemudian dilanjuto dengan latihan pengucapan.
Keterampilan menyimak dan berbicara tidak layak ditangguhkan sampai tingkat lanjutan, karena khawatiran murid mendapat kebiasaan salah atau kurang tepat dalm mendengarkan dan mengucapkan. Hal ini yang disebut kesan pertama itu sulit diperbaiki.
Teori Skinner menyatakan “belajar bisa dilakukan dengan meniru dan menyimak” oleh karena itu, murid harus dilatih banyak menyimak dan menirukan ucapan yang benar, terutama dari penutur asal Bahasa Arab, demikian juga berbicara harus diajarkan sebelum membaca dan sebelum menulis.

B. Akurasi
Kata Akurasi asalnya “accurate” yang berarti tepat, teliti dan cermat. Akurasi aslinya accuracy merupakan kata benda dari accurate berarti ketepatan, ketelitian dan kecermatan. Akurasi dalam pengajaran Bahasa Arab adalah ketepatan dan ketelian yang harus diperhatikan dalam penyampaian materi dan penggunan metode serta alat peraga.
Ciri khas Bahasa Arab yang diantaranya bentuk huruf yang berlainan bunyi dengan bunyi huruf latin, ada makhraj dan sifat huruf serta ada I’irab dan harkat.
Disamping itu banyak lagi hal lain yang menyangkut materi. Disini dituntut untuk teliti dan cermat agar materi yang disampaikan betul-betul akurat dan valid, sehingga murid dapat menerimanya dengan benar. Contoh :
a. Mengucapkan jangan jadi  atau  (pendek  nya).
b. Menulis   –  –  jangan sampai  –  – 
c. Dalam struktur mubtada-khabar.

C. Gradasi
Dalam prinsip gradasi (bertahap) mengenal lima tahap :
a. Dari yang mudah kepada yang sulit.
b. Dari yang sederhana kepada yang kompleks.
c. Dari yang jelas kepada yang samar.
d. Dari yang kongkrit kepada yang abstrak.
e. Dari yang sering kepada yang jarang digunakan.

Ini harus diperhatikan dalam membuat contoh sehari-hari, karena pada prinsip gradasi termasuk salah satu asas keberhasilan dalam mengajar, prinsip ini menjadikan materi pelajaran diterima murid dengan rasa mudah menimbulkan semangat-semangat membawa kepada rajin dan kerajinan membawa keberhasilan. Seperti rangkaian :
Mudah semangat rajin berhasil

D. Prinsip Motivasi
Diantara defini motivasi adalah “energi dalam jiwa yang menggerakkan manusia untuk melakukan prilaku tertentu guna mewujudkan tujuan yang sudah pasti”.
Yang perlu diingat adalah kepercayaan dan kemauan merupakan kekuasaan tertinggi dalm jiwa manusia. Orang yang bekerja berdasarkan motivasi yang mempunyai daya tarik yang berkualitas. Minatnya sangat tinggi dan orang yang minatnya tinggi harapan tercapai tujuannya sangat besar. Karena rasa simpati, merasa penting, butuh, senang dan rasa amanat maka seseorang akan berusaha semaksimal mungkin.
Para penelitian secara global membagi motivasi menjadi dua macam yaitu :
1. Motivasi Tujuan
Motivasi tujuan atau motivasi sarana ialah motivasi yang mendorong orang mempelajari sesuatu untuk tujuan atau sarana memenuhi hajat tertentu dalam waktu dekat. Hal itu seperti mengisi lowongan kerja, menikmati hiburan atau melaksanakan ibadah dengan menggunakan keterampilan Bahasa Arab.

2. Motivasi Integral
Motivasi ini mendorong kepada tujuan intgral (lengkap), bukan saj a hanya jangka pendek, tetapi lebih jauh dari itu.
Diantara tujuan utama pemberian motivasi adalah memudahkan proses pembelajaran, langkah-langkah memudahan itu adalah :
a. Memilih materi yang mudah dalam arti wajar dalam tingkatan murid sehingga dirasakan oleh sebagian besar murid materi pelajaran itu mudah.
b. Bila murid pendek dalam mempelajari materi pelajaran itu hendaklah sebagai guru hendaklah membantunya dengan membuka celah-celah kemudahan menuju kebenaran.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Prinsip pengajaran Bahasa Arab
1. Prioritas
2. Akurasi
3. Gradasi
4. Motivasi
5. Pemantapan
Prioritas dalm Bahasa Arab adalah hal yang harus diajarkan lebih dahulu dengan beberapa pertimbangan dalam pengajaran Bahasa Arab ada hal yang harus diprioritaskan :
a. Level bahasa.
b. Metode dan tehknik.
c. Keterampilan.
Macam-macam metode pengajaran Bahasa Arab yaitu : metode Qowaid-terjemah, metode Langsung, metode Aural-oral, metode Membaca dan metode Eklektik.

About these ads

Satu Balasan ke Pengajaran Bahasa Arab

  1. seleknas mengatakan:

    Ass. Wr. Wb. Terima Kasih, kami bangga dapat mengunjungi situs Anda dengan artikel-artikel yang berkualitas dan sungguh bermaslahat bagi Ummat, Insya Allah! Kami dari Tim Mubaligh.com mohon dukungan Untuk KONTES SEO STOP DREAMING START ACTION dengan misi untuk memberi masukan yang membangun bahwa konsep Dreaming masih begitu penting dalam Islam selain konsep Action yang demikian penting..Terima Kasih.
    a.n. Pengelola,

    Drs. Dewan, S.H.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: